8/18/2013

10 Tips Sederhana Untuk …

Bosan dengan tips-tips diluaran yang selalu ingin membuat kehidupan kita menjadi lebih baik?

Ya, diluar sana ada banyak tips untuk menyederhanakan kehidupan kita. Bahkan, Google pun sudah banyak memberikan referensi tentang segala hal untuk menyederhanakan kehidupan kita. Mulai dari tips, trik, serta bagaimana caranya agar menjadi lebih rumit.

Emang ada orang yang nyari cara lebih rumit? ADA! Mereka adalah manusia-manusia yang kehidupannya keras dan tidak level dengan segala kemudahan didalam hidupnya. #Tsaelah #Apaansih

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk membuat hidup kita menjadi tidak lebih baik. Karena segala kebaikan datangnya dari Tuhan YME, bukan dari gue. Dan segala tips berikut telah disusun se-ciamik mungkin oleh Mas Eky.

APA? IDIH!

Gue sendiri berinisiatif untuk membuat tulisan ini karena melihat tingginya intensitas mengeluh anak-anak gaul Twitter masa kini. Dan setelah membaca tulisan dibawah ini, dijamin kehidupan kalian gak akan menjadi lebih baik.

JADI, BAKAL LEBIH BURUK? Gue ga bilang begitu, sih. Ya, semoga aja ada manfaatnya.

Okedeh, ga pake basa-basi, ga pake lama, dan ga pake sayur …

#KenapaGapakeSayur #KarenaGueGaSukaSayur #OhGitu #SebenernyaGakLucuSih #YaudahDehLanjutAjaYa

Langsung saja kita sambut … Dari sudut merah …

Tips sederhana untuk …


1. Menjadi Emosional


Dulu, pas gue masih hobi ngaji, Guru Mengaji gue pernah bilang: 

“Saat kita sedang emosi, maka berwudhulah! Bila masih emosi juga, sholat-lah!”

Gue ga bilang ini adalah cara yang salah. Tapi kenapa gue tetap membahasnya? Apakah cuma biar artikel ini jadi panjang? Tentu tidak!

Ya, karena disini gue hendak membahas bagaimana cara menjadi emosional. Otomatis kalimat tersebut sangat bertolak belakang dengan tujuan dari tips yang satu ini.

Yap, akhirnya gue menemukan solusi untuk hal yang satu ini. “Bagaimana Untuk Menjadi Emosional.” Caranya mudah. Jangan pernah menghela nafas panjang dan mulailah untuk memikirkan hal-hal yang menyebalkan. Ya, gue telah mencoba cara simple ini dan berhasil. 

Waktu itu gue hendak berantem sama salah seorang (mantan) teman gue. Gue melakukan hal tersebut dan berhasil. Emosi gue membuncah. Lawan bertarung gue bibirnya berdarah. Sedangkan gue berdarah-darah disekujur tubuh. Jadi mirip lah sama Rambo. Keren, kan? #YoiBro!

Begitulah. Jangan pernah mengingat hal-hal baik yang pernah dilakukan oleh lawan kita. Karena itu hanya akan mengurangi intensitas emosi kita. Bagi yang muslim, jangan pernah wudhu ataupun sholat sunnah saat sedang emosi. Bagi yang Kristiani, jangan pernah berdoa apalagi pergi ke gereja saat emosi. Bagi teman-teman yang lain, jangan pernah berdoa pada Tuhan kalian. Karena itu hanya akan membuat emosi kita mereda. Ingatlah keburukan mereka! Bayangkan mereka sedang memperkosa pacar kalian! Maka emosi kalian akan membuncah! YEAH!

2. Mendekat Pada Tuhan


Perjalanan spiritual biasanya akan membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Tuhannya. Begitu pula dengan kematian. Biasanya pengalaman menjelang kematian akan mampu membuka mata hati seseorang. Hanya ada dua kemungkinan bagi mereka yang jauh dari Tuhan, antara menjadi lebih dekat dengan Tuhan atau menjadi makin jauh dari Tuhan.

Nah! Mungkin untuk kalian para pecinta jihad, kalian akan kesulitan. #IhSaraBangetSihPostingannya #IhNggaKok #BacaDuluMakanya Karena setau gue, untuk jihad sendiri itu ada spesifikasi khusus dan ga bisa sembarangan orang pergi ke medan jihad. Ya, gue punya kenalan yang udah beberapa kali melamarkan diri untuk menjadi penjihad namun ditolak. Maka dari itu, disini gue memberi tips sederhana agar kita semua bisa menjadi lebih dekat pada Tuhan. Dan, Oh iya, semua orang bisa melakukannya tanpa adanya spesifikasi khusus.

GIMANA CARANYA, MAS EKY? Sabar, Broh!

Seperti yang sudah gue katakan diatas. Pengalaman dekat dengan kematian bisa menjadi jalan pintas untuk mendekat dengan Sang Pencipta. Maka, cobalah untuk mengendarai motor bebek biasa tanpa helm dan spion melewati Jalur Pantura yang selalu dilewati oleh banyak Truk. Atau ada juga versi singkatnya, yaitu jalur Semarang-Jogjakarta (via Ambarawa) yang sangat gelap di malam hari. Atau jika masih takut juga, silahkan pakai helm dan spion-nya. Biar ga diganggu sama polisi. Dan berikutnya, silahkan rasakan sensasinya!

YAELAH! Kurang kerjaan banget, sih? Buat apa gue melakukan hal tersebut? Ya, untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Udah, itu aja.

3. Menghilangkan Lapar


“Laper. :(” - @dezkyoka, 19, Mahasiswa Pengeluh. 
 “Laper tapi ga ada yang ngasih kado. :((” - @BianAgassi, 20, Birthday Boy. 
 “Aku laper. Kamu harus tau itu! :(((” - @khairifahoye, 20, Mahasiswi Un-Jomblo-Able.
Begitulah. Terlalu banyak anak manusia didunia ini yang tidak tau bagaimana cara mudah menanggulangi lapar. Kasihan mereka. Kasihan kita.

Dengan bermodalkan hal tersebut, gue pun berinisiatif untuk memberikan beberapa tips untuk menghilangkan lapar. Efek sampingnya, selain akan menghilangkan lapar, hal ini juga akan menambahkan signifikansi diet yang sedang kalian lakukan. WOW!

GIMANA CARANYA, MAS EKY? Sabar, Nyet!

Pertama, ambillah air mineral, jangan air putih. Air putih atau air susu mungkin akan menghilangkan rasa lapar kalian, tapi cuma sebentar, abis itu nagih lagi, karena beberapa produk susu dibuat untuk menambah nafsu makan kita. Setelah mengambil air mineral, minumlah! Karena biasanya rasa lapar pada jam-jam yang tidak wajar (Tengah malam, biasanya) hanyalah tipuan semata dimana dengan meminum air mineral saja kita sudah bisa menghilangkan rasa tersebut.

YA AMPUN, MAS EKY! Terima kasih, ya, atas tips-nya! Dengan begini saya akan terus minum air mineral ketika lapar melanda!

TIDAK! Jangan begitu! Seperti yang tadi udah gue jelaskan diatas. Minumlah air mineral hanya jika lapar melanda di waktu yang tidak sewajarnya. Tapi klo dari pagi kalian emang belom makan. Maka, makanlah!

4. Gemuk


Banyak sekali orang kurus yang tidak memikirkan perasaan orang-orang gemuk. Mereka bilang mereka ingin kurus, padahal mereka sudah kurus. Mereka bilang mereka sudah makan banyak tapi tidak gemuk-gemuk … Di depan orang gemuk. Kasihan orang gemuk. Kasihan kalian.

Tapi, disini gue gak akan membahas bagaimana caranya untuk menjadi kurus. Karena gue sendiri sedang dalam proses menggemukan tubuh kembali, jadi gue akan membahas bagaimana caranya untuk gemuk dengan cara yang sangat simple.

Pertama, mulailah untuk mem-follow macam-macam akun twitter yang memberi tips kurus. Kenapa? Karena akun yang memberi tips gemuk sangatlah sedikit, dan akibat dari frustasi karena gak ada yang nge-retweet ataupun nge-favorite tweet mereka, akhirnya mereka pun pensiun dan hidup bahagia selamanya sebagai anak lebah madu yang mencari ibunya.

Kedua, mulailah untuk melakukan hal-hal kebalikan dari tips yang diberikan oleh akun tersebut. Orang bilang, klo begadang itu bisa bikin gemuk. Ya, gak serta-merta kalian jadi gemuk juga, sih. Dari faktor psikologinya, nih, ya. Kalian bakal jadi gemuk karena kalian ngemil banyak saat begadang. Begitulah. Karena biasanya bagian dalam tubuh kalian bakal meminta banyak pasokan energi disaat kalian begadang. Maka jadilah rasa lapar timbul disaat itu. Maka, makanlah! Tapi bila tidak ada makanan. Yasudah, minumlah air mineral!

Ketiga, makanlah junk food. Udah. Junk food cukup kok untuk bikin lo gemuk. Gitu aja repot.

Tapi, gue udah sering makan junk food tapi masih belom gemuk juga. Gimana dong? Minumlah temulawak!

Terakhir, jangan pernah olahraga! Olahraga akan mengeluarkan segala peluh dalam tubuh sehingga massa tubuh kalian akan berkurang setelahnya. Nanti kalian jadi kurus, amit-amit nanti malah jadi atletis. Katanya mau gemuk? Udeh, ikutin aje!

5. Bangun Kesiangan


“Duh, liburan tapi malah bangun pagi terus. Huft!” - @azharazwar, 19, Anak Gaul Twitter. 
Banyak dari anak gaul twitter mengeluhkan hal tersebut. Maka dari itu gue berinisiatif untuk melakukan pencegahan dari bangun pada pagi hari. Mengapa demikian? Karena gue sangatlah professional di bidang ini. Hampir setiap saat gue selalu bangun kesiangan. #KemudianBangga #YaAmpunBeginiKokBangga

Pertama, kalian butuh alarm? TIDAK! Semisal pun kalian ingin pagi kalian sedikit dihiasi oleh musik yang keluar dari alarm, cobalah untuk memasang alarm dengan lagu yang tidak kalian sukai. Maka kalian akan dendam pada alarm tersebut sehingga sertamerta langsung mematikan alarm tersebut beserta handphone kalian ke toilet terdekat untuk kemudian melanjutkan mimpi indah kalian. Ya, karena lagu favorit kita sangat berpotensi untuk membangunkan kita dan menjadikan kita lebih semangat di pagi hari. Maka dari itu, hindarilah lagu favorit kita!

Kedua, cobalah untuk tidur lebih malam! Hah, bagaimana caranya? Ya, nanti akan gue bahas di poin berikutnya. Mengapa demikian? Karena tidur malam akan membuat kalian menjadi lebih lelah di pagi hari. Ya, karena seyogyanya seorang anak manusia itu tidur delapan jam dalam semalam. Maka dari itu, semisal kalian tidur kurang dari itu kalian akan merasa kelelahan dan akan melanjutkan tidur kalian. Begitulah. Mari kita biasakan tidur larut malam untuk bangun siang yang lebih baik! YEAH!

Ketiga, nyalakan lampu saat hendak tidur! Karena cahaya yang terang mampu memberi distrakasi pada kenyamanan tidur kita. Begitu pula dengan suara musik yang dinyalakan menjelang tidur. Sehingga nantinya saat hendak tidur pun kita menjadi tidak nyaman. Maka, jadilah kita tidur lebih larut dari seharusnya. Ingat, lampunya jangan dimatikan! Nanti kalian jadi tidur lebih cepat dan bangunnya pagi. Begitu pula dengan lagunya. Nyalakanlah lagu-lagu ber-genre keras seperti lagu-lagunya Siksa Kubur, Seringai, ataupun Kill It Self.

6. Menghilangkan Semangat di Pagi Hari


Kamu sedang dalam pertengkaran dengan kekasih kamu? Tapi kamu sekampus, bahkan sejurusan dengannya? Kamu memiliki masalah dimana kamu pasti selalu memiliki mood yang bagus di pagi hari. Padahal kamu harus memberi wajah terburuk kamu pada kekasih kamu.

Tenang, itu adalah perihal yang kecil bagi Mas Eky! #JengJengJeng #AhayPemirsa!

Demi melancarkan hal tersebut kalian harus membuat mood kalian menjadi buruk. Bagaimana caranya? Caranya mudah!

Pertama, bangunlah dengan tergesa-gesa, karena dengan tergesa-gesa membuat jantung kamu berdetak lebih kencang. Terus kenapa? Ga kenapa-kenapa. Kan, dengan begitu kamu jadi gak fokus dengan apapun, sehingga kamu bakal melakukan banyak keselahan dan VOILA! Kebetean pun segera hadir dihadapan kamu.

Kedua, pasanglah lagu-lagu galau sehingga mood kamu menjadi menye-menye. Karena dengan kamu memasang musik yang bersemangat di pagi hari, seperti “On Top Of The World”-nya Imagine Dragons ataupun “Alive”-nya Empire of The Sun, kamu bakal bersemangat di pagi hari, sehingga nantinya kamu jadi gagal untuk membuat pagi kamu tidak bersemangat. Maka dari itu, pasanglah playlist yang kamu buat saat baru saja putus dengan mantan kamu! Camkan itu!

Ketiga, ingatlah kesalahan-kesalahan yang telah kamu lakukan kemarin. Mengapa demikian? Karena dengan begitu, kamu bakal bete dan merasa bersalah sehingga bad mood pun hadir menghampirimu. SELAMAT!

Terakhir, murunglah! Karena bila kamu tersenyum, akan ada satu hormon (gue lupa namanya) yang bertambah sehingga mood kamu bertambah. Kamu mau pagi kamu yang seharusnya buruk menjadi penuh semangat? Tentunya TIDAK! Maka dari itu, hindari tersenyum pada semua orang yang kamu temui. Semisal ada gebetan yang selalu kamu taksir selama ini memberi senyuman. CAMPAKKAN DIA! Beri dia wajah terburukmu! Maka dari itu kesalahan kamu akan bertambah dan harimu akan menjadi lebih menyebalkan! YEAH!

7. Tidak Lulus SNMPTN, SIMAK, UM, dan Tes lainnya.


Gimana caranya agar tidak lulus SNMPTN? Mungkin kalian bakal kaget mendengar pertanyaan yang satu ini. Tapi ngga ada salahnya untuk membahas pertanyaan yang satu ini.

"Mas Eky, gimana caranya agar saya tidak lulus SNMPTN? Soalnya saya lebih tertarik untuk kuliah memulai bisnis saya dari sekarang, namun orang tua saya menyuruh saya untuk masuk ke Institut Tetangganya Bonbin yang berada nun jauh di luar kota. Saya tidak mau!" - Ijonk TheJakSinceLahirrrUntilCekaLang, 18, Baru Lulus SMA. 
 "Mas Eky, gimana caranya agar saya tidak lulus UM? Saya maunya lulus SIMAK aja biar masuk di Universitas Itutuhyangdidepok, tapi ayah saya menyuruh saya untuk kuliah di luar kota, biar mandiri katanya. Huft!" - @Ieppanchuychuy_JKT48, 20, Wota Reg. Depok Garis Keras.

Banyak kok kasus kayak gitu. Entah karena ada pacarnya masuk disitu, ataupun karena jurusan yang dia inginkan hanya ada di kampus tersebut. Nah, bagaimana caranya agar bisa menghindari kelulusan dari tes-tes diatas?

Caranya mudah, dik! Begini …

Pertama, bersantailah secara TOTAL, jangan setengah-setengah santainya, anggap tidak akan ada apa-apa didepan sana. Karena dengan kamu mempersiapkan segalanya ditambah sedikit bersantai kamu bakal lulus SNMPTN ataupun UM di PTN/PTS yang hendak kamu masuki. Kamu gak boleh lulus pokoknya!

Kedua, jangan nurut sama orang tua! Karena dengan kamu menuruti segala permintaan orang tua, apalagi meminta doa restu saat hendak tes (Iyuh pisan!), keburuntungan kamu bakal bertambah sehingga kemungkinan kamu lulus tes akan bertambah pula. Ingat, JANGAN!

Ketiga, jangan beribadah apalagi mendekatkan diri pada Tuhan! Karena dengan dekat dengan Tuhan aja kamu masih ada kemungkinan ga lulus, apalagi gak deket sama sekali. Kamu sangat berpeluang untuk tidak lulus! YEAH!

Keempat, ribetlah secara TOTAL! Karena dengan kamu ribet, mempelajari segala macam bentuk soal menjelang ujian, apalagi tanpa istirahat, kamu bakal kepusingan sehingga fokus pun terpecah. Berujung pada tingkat stress yang membuncah. Dengan begini, kamu bakal sakit pas tanggal ujian berlangsung. Dan, yeah, kamu bakal ga lulus tes-nya! Bayangkan klo kamu serius tapi santai menghadapinya, kamu pasti lulus. Kamu gak mau kan klo hal ini sampai terjadi?

8. Tidur Tidak Tepat Waktu


“Lelaki sejati ngga tidur jam 10 malem.” - @annisarizkip, 20, Mahasiswi Gitudeh.
Kamu ingin keren? Kamu ingin gaul? Kamu ingin tampan mandraguna? BEGADANGLAH!

Mungkin beberapa orang butuh begadang karena memang ada tugas yang harus dikerjakan, tapi bagaimana dengan mereka yang juga ingin turut merasakan kehidupan malam, meskipun hanya didalam kamar, tapi gampang mengantuk?

Tenang! Mas Eky punya solusinya!

Pertama, jangan pernah minum obat tidur! Kenapa? Selain dapat mengakibatkan kamu mengantuk. #YouDontSayBitch! Obat tidur ini juga bisa bikin kamu ketagihan karena efeknya bisa bikin kamu cepet tidur. #YouDontSayBitch! #Again Nah, klo udah jadi ketagihan kamu pasti tau kan akibatnya? Yoi, bisa ngerusak hati! Kan, kasihan hatinya. Apalagi klo hatinya sudah dikoyak-koyak oleh seseorang dimasa lalu. Kasihan.

Kedua, lakukan apa yang sudah sempat gue bahas di poin nomor #5 diatas.

Ketiga, berolahraga-lah! Karena dengan berolahraga, hormon adrenaline kamu bakal meningkat sehingga kamu jadi lebih hidup dari sebelumnya. Dan, yap, kamu bakal melek semalaman.

Keempat, minumlah obat kumur. Percayalah, kamu ga bakal tidur setelahnya!

Terakhir, tarik nafas yang dalam. Tahan selamanya semaksimal mungkin, kemudian hembuskan perlahan. Ini olahraga kecil untuk mengaktifkan hormon yang sama seperti olahraga.

ASTAGA! SIMPLE BANGET! TERIMA KASIH, MAS EKY!

9. Mengetahui Bahwa Diluar Dingin


Untuk mengetahuinya, caranya sangatlah mudah. Kamu cukup keluar rumah dan rasakan udaranya. Bila panas, berarti diluar tidak dingin. Bila dingin, berarti diluar dingin. Simple, kan, daripada harus nanya di twitter dan gak bakal ada yang jawab?

10. Bisa Chating Bersama Seorang Wanita Cantik


“Aku menyedihkan. Bahkan, tak seorang pun yang ingin bercengkerama denganku.” - @bukandezkyoka, Ingkaran (19), bukan mahasiswa pengeluh.

Untuk yang satu ini caranya sangatlah mudah. Kamu tau kan klo saat ini kamu sedang hidup di tahun 2013? Yoi, Bro! Ga ada lagi itu yang namanya ngga bisa chating sama cewek! Itu kuno!

KAMU BISA JADI DOKTER CINTA, MAS EKY? AJARI AKU!!!

Cih, caranya mudah. Kamu cukup download aplikasi messenger semacam Line ataupun KakaoTalk kemudian add aja artis favorit kamu. Percayalah, setelahnya kamu akan merasa bak seorang playboy yang diganderungi oleh banyak wanita cantik. Maudy Ayunda? Sherina? Luna Maya? Kini mereka bukanlah mimpi! Mas Eky sudah mencobanya, dan Alhamdulillah ... Senang!

Gila, Mas Eky! Kamu pakar cinta sejati! #YaBegitulah

YAUDAH SEGITU DULU AJA, YA!


Okedeh, sekian dulu tips sederhana dari Mas Eky untuk kali ini. Mungkin lain kali klo ada kesempatan, gue akan mengulasnya lagi. Tapi doain aja gue ga punya mood buat bikin tulisan semacam ini lagi. 

#EmangKenapaMasEky? Ya, kasihan mereka yang baca. Kasihan kamu.

C U n Bubbye ~

1 comment:

  1. sungguh kata-kata mu menginspirasi..
    Mz Ekii ttp begituu yaa..
    tetap berfikir panjang, ide-ide kreatif baru
    yg kan.. menggoyahkan bumi khatulistiwa ^_^ #som
    #fyk :

    ReplyDelete