4/05/2011

Selamat Jalan Kawan

"Berangkatlah dengan tenang, bawa sebersit senyuman. Doa kupanjatkan, selamat jalan kawan."
-Selamat Jalan Kawan by Steven & Coconut treez-

Oke, pada postingan kali ini gue akan mengulas sebuah berita duka yang hadir tepat pagi ini ketika gue hendak ngerjain Pra-UN Kimia. Dan berita duka ini hadir dari kawan baik sekaligus pelanggan tetap gue ketika gue masih berprofesi sebagai pedagang es ... Herbowo Dwi Kusuhartanto

Ya, Bowo ...

Herbowo DK (091192-040411)




Banyak orang mengatakan ... Riwayat orang baik hati tak akan panjang. Tapi bagi gue ini memang sudah berada di dalam rencana Tuhan YME. Why ? Karena kematian seorang makhluk sudah ada di tangan-Nya. 

Jadi, pagi ini gue selalu mengawalinya dengan hal yang biasa gue lakuin sampai akhirnya gue melewati jalan ke sekolah yang merupakan jalan yang sama seperti yang biasa dilewati oleh Bowo. Yak, cuma bedanya Bowo lebih jauh rumahnya. Dia di Pulogebang sedangkan gue di Klender. 

Pagi itu gue lalui tanpa ada keanehan sama sekali. Cuma mata gue aja yang sedikit gak bisa diajak kompromi. Dan sesampainya di sekolah gue hanya menemukan sebuah kebahagiaan dimana penjaga ruangan gue adalah Pak Nolo (guru OR yang terkenal ngaco klo ngawas) dan kebahagiaan itu sirna sesaat setelah kehadiran Bu Suharti. Why ? Sebelum dia mengatakan sepatah-demi-patah kata tentang 'Tragedi Bowo' juga mukanya udah ga nyante. Akhirnya, beliau mengatakan juga hal yang membuat gue optimis bahwa nilai Kimia gue bakalan JEBLOK !!! Gile, siapa juga yang bisa konsentrasi ngerjain ulangan disaat tau klo salah satu temen baik kita ada yang meninggal dunia. *damn, mata gue berkaca-kaca nulis ini* T__T

"Kabar duka untuk SMAN 54 Jakarta, telah berpulang ke Rahmatullah ... Saudara kita, ananda Herbowo Dwi Kusuhartanto dalam kecelakaan yang menimpanya pagi tadi. Mari kita bersama-sama memanjatkan doa agar arwahnya di terima di sisi-Nya."
-Bu Ratna, Kabid Kesiswaan-

Seusai jam kimia, speaker di kelas berbunyi sehingga terdengarlah suara dari seorang guru yang biasa dipanggil bu Ratna oleh anak murid *anak murid ?*. Situasi haru semakin pekat setelah bu Ratna yang mengabarkan lewat speaker turut larut dalam kesedihan.

Sepulang sekolah kami semua --SRAVIGASS-- segera bertolak ke rumah duka Bowo yang terletak di kediamannya sendiri di daerah Pulogebang. Gue bener-bener melihat kebersamaan yang diciptakan oleh Sravigass begitu indah. Ya, sangat indah !

Sesampainya disana kami hanya berseling sekitar 15menit lebih cepat dari Ambulans yang mengangkut jenazah dari kawan kami, Bowo.

Tangis huru-hara gak bisa kebendung lagi disana. Banyak yang merengek bahkan histeris, termasuk kekasih dari Bowo sendiri, Yohana Nur Rizky.

 Yohana NR (270993-...)

Terbawa dalam suasana haru yang makin pekat, gue sempet menitikan air mata ketika bokapnya Bowo hendak meminta maaf pada kawan-kawan Bowo untuk segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan oleh Bowo. Entah itu disengaja ataupun tak disengaja. Bener-bener ngebayangin klo bokap gue yang lagi ngomong demikian dihadapan temen-temen gue. T___T

Akhirnya setelah membacakan Yasin bersama-sama, kami beristirahat sejenak sambil menunggu selesai semua rukun kematian yang harus dilakoni oleh keluarga dari seseorang yang dipanggil oleh YangMahaKuasa. 

Jadi Dez kronologinya gimana sih ?

Ini bukan versi yang keabsahannya bisa disetarakan dengan janji-janji pasti pemerintah, ini hanyalah sebuah spekulasi yang mengarah kedalam suatu versi yang gue sebut dengan "AYGD Version" a.k.a versi apa yang gue denger.

Jadi begini kronologi dari apa yang gue tau dan dari yang gue denger ...

1. Entah siapa yang salah, Bowo terserempet oleh sebuah motor yang mengakibatkan doi terjatuh bersama motornya dengan helm nya yang langsung terlepas begitu saja. *inilah kegunaan dari pengait yang ada di helm, selalu dikaitkan agar aman ya kawan-kawan*

2. Salah seorang siswa dari SMAN 12 Jakarta yang berada di TKP saat itu mengatakan bahwa tubuh Bowo sempat tergilas metromini hingga ia juga sempat terseret beberapa meter hingga akhirnya Metromini tersebut langsung mencapai Vt=0.

3. Pengendara motor yang sempat berjibaku dengan motor Bowo langsung kabur begitu saja, sedangkan sopir Metromini yang merasa bersalah langsung mengambil tindakan cepat untuk bertanggung jawab. *tak selamanya sopir metromini itu beringas*

4. Setelah menurunkan seluruh penumpang di dalam mobilnya, sopir langsung memutarbalikkan mobilnya dan membawa Bowo ke Rumah Sakit. *sampai saat ini gue lupa nama RS nya apa, seinget gue dibawa ke RS. Islam Pd. Kopi*

5. Nyawa Bowo tak dapat diselamatkan, kemungkinan karena luka dan pendarahan yang sudah parah.

6. Rest In Peace My Brother !!! O:')

Demikian kronologi dari 'Versi Apa Yang Gue Denger'. Disini gue cuma berharap agar pengendara motor yang jika memang benar adanya ia bersalah dan sempat berjibaku dengan motor Bowo dibukakan pintu hatinya agar sadar. Ya, SADAR !



"Banyak sudah kisah yang tertinggal, kau buat jadi satu kenangan. Seorang sahabat pergi tanpa tangis arungi mimpi. Selamat jalan kawan cepatlah berlabuh, mimpi mu kini tlah kau dapati. Tak ada lagi seorangpun yang menggangu kau bernyanyi"
-Selamat Jalan by Tipe X-
 

Herbowo, ya, BOWO ! adalah sesosok pria yang sangat low-profile *menurut gue* dan dia bener-bener orang yang sangat gue kenal sebagai orang yang baik banget. Why ? Bukan karena doi kini telah tiada, tapi setiap gue nyapa dia pasti selalu dibales sapaan gue. Sedangkan ketika gue lupa untuk menyapanya, dia pasti langsung menyapa gue. Entah itu di jalan, tempat lain, dan biasanya adalah parkiran.

 *Bukber X.C Classic. Kenapa ada gue? waktu itu gue berniat nganterin Rahma. Eh diajakin masuk. :')

Gue bukanlah seseorang yang sangat deket sama Bowo, foto diatas adalah satu-satunya foto dimana terdapat gue dan Bowo dalam satu frame yang sama. Tapi dengan kepergiaanya bukan berarti gue gak merasa kehilangan. Selain menjadi pelanggan es tetap gue dia juga sering jadi temen seperjalanan pulang gue waktu kelas 11, mungkin karena emang kita sejalur. Dan kini, itu semua udah gak akan terjadi lagi.

Mengenaskan, bagaimana tidak ? 4 April 2011, tepat sekali dengan ultahnya Listyo H-14 UAN alias 2minggu lagi UAN. Dan yang lebih nyeseknya lagi adalah saat kejadian ini berlangsung *dari yang gue tau* bokapnya Bowo baru aja pulang dari umroh dan doi juga lagi dalam masalah sama kekasihnya. T__T


"Tak pernah terpikir olehku, tak sedikit pun ku menyangka kau akan pergi tinggalkan ku sendiri
...... 
Inilah saat terakhirku melihat kamu, jatuh air mataku menangis pilu, hanya mampu ucapkan selamat jalan kawan." 
-Saat Terakhir by ST12-

Sedikit kisah pilu hadir di pemakaman ketika Ega, panggilan akrab dari Adha Legawa Pratama yang mengucapkan sebait kata dihadapan nisan Bowo yang kurang lebih berisikan ...

"Lo liat ini wo, gue udah tepatin janji gue dimana tempo hari kita berjanji, jika salah satu dari kita mati terlebih dahulu, salah seorang diantara kita harus nyolatin dan harus nganterin sampe ke liang lahat. Dan lo liat wo, GUE TEPATIN JANJI GUE !"

Gue mendapatkan cerita ini dari Lukman, sepulang dari tempat peristirahatan terakhir Bowo.


Famous Last tweets of :


2nd from last
"@: you're still the special one for me till forever"
Yes, you're the special one for us !!!


And the last
: yg cantik yohana nur rizki RT @: Kita harus bermain cantik kawan :)"
Oke wo, kalem wae ... Yohana memang seorang wanita beruntung yang bisa mendapatkan lo wo :)


"Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita. Akan tiada lagi kini tawamu tuk hapuskan semua sepi di hati."
 -Semua Tentang Kita by Peterpan-

Akhir kata,  

REST IN PEACE HERBOWO DWI KUSUHARTANTO !!!

Doa kita selalu menyertaimu kawan.

Kita, SRAVIGASS udah janji bakal Lulus 100% dan itu udah termasuk lo wo ! Why ? Karena Sravigass itu adalah suatu kesatuan dimana didalamnya juga terdapat diri lo sebagai bagian dari kita semua !

Untuk semua teman-teman dari Bowo, gue mengharapkan pintu maaf yang sebesar-besarnya dari kalian untuk almarhum kawan baik gue yang satu ini. Sekali lagi, gue mohon banget.

~Thanks Anyway~



"Semoga dalam damai engkau mengerti arti dalam jalan yang berarti, hingga indah nya bias mentari tak lagi kau nikmati. Selamat jalan kawan cepatlah berlabuh, mimpi mu kini tlah kau dapati. Tak ada lagi seorang pun yang mengganggu kau bernyayi." 
-Selamat Jalan by Tipe X-

SRAVIGASS LOVE YOU BOWO !!!


See you next world Comrade !!!


SALAM SURGA




NB: Umur orang siapa tau ?

No comments:

Post a Comment